Apa itu 4G LTE? dan Bagaimana Penggunaannya?

Jadi apa itu 4G LTE?

4G LTE (Long Term Evolution) adalah teknologi seluler generasi keempat (mudahnya), kalo kalian tau 3G atau HSDPA atau sinyal H/ H+  Kayak gambar dibawah ini guys...


Nah itu adalah generasi sebelum 4G guys... namanya aja 3G lebih duluan kan dari 4G? kalo sesuai nomor urut hehe.. Aku aja dulu kalo udah dapet 3G dengan lambang H+ kayak gitu udah seneng banget.... nah sekarang kalo gak dapet 4G rasanya pengen mati guys (lebay) wkwk..


Dikarenakan kecepatan data dari 4G berlipat lipat lebih cepat dibandingkan dengan kecepatan maksimal dari teknologi pendahulunya yaitu 3G atau H+ kalo di Hp kalian...

Jadi 4G ini ada fourth generation of mobile technologi system..( mantab bahasanya ) 😆😆.
Kalo 3G hanya bisa menempuh kecepatan maksimal untuk mendownload film (misalnya) 20Mb/s , nah ini 4G bisa lebih cepat 10x lipat guys sampai 200Mb/s (bahkan lebih) jadi kalian bisa mendownload film dengan ukuran 200mb hanya dalam 1 detik... WOWWWW.... terus kalian dapat menikmati streaming Youtube dengan kualitas HD tanpa buffering dan upload foto di fb hanya dalam 1 detik ( mantabbb ), berikut tabel perbandingan kecepatan 2G, 3G dan 4G guys..

mantab kan 4G?
Tapi dibalik kemantab an kecepatan 4G ini ada sedikit kekurangan dari 4G guys... yaitu
  1. Paketannya mahal wkwk.. 😐
  2. 4G LTE memakai teknologi IP dalam penerapannya guys...untuk telfon kita harus menggunakan aplikasi seperti Whatsapp, skype, bbm dll. jadi kalo hp kalian belum support VOLTE (Voice Over LTE) gak akan bisa telfon kalo kalian lock hp kalian menjadi 4G only... dan untuk bisa telfon 4G LTE menggunakan cara Circuit Switch FallBack atau CSFB... yaitu bergantinya jaringan dari 4G ke 3G untuk melakukan panggilan ( jadi tau kan kalian ) 😆.
  3. Gak semua HP bisa support 4G LTE ini.. dan harga hp nya relatif mahal untuk masyarakat indonesia... (update saat ini udah banyak sekali hp 4G murah)
  4. Boros baterai HP... dikarenakan kecepatan datanya yang wusshh.. wushh... membuat hp bekerja ekstra mengumpulkan tenaga wkwk....
  5. Belum tersebar merata di seluruh Negara Kesatuan Republik Indonesia hehe.... jadi 4G ini masih terbatas di kota kota aja guys.... belum blusukan ke pelosok pelosok..
Nah jadi itulah 4G guys gimana menurut kalian guys?
We are 4G Generation..... STAY CONNECT !!!

Apapun yang kalian pikirkan tuangkan di kolom komentar dibawah yaa guysss ⇓⇓⇓

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Lembar Kerja Tugas Fisika Kisi Difraksi

Modul Drive Test Engineer

Perdedaan GSM dan HSDPA Dalam Dunia Teknologi Informasi