Asal Muasal Seni Memijat


ASAL MUASAL SENI MEMIJAT
Memijat dapat ditelusuri akarnya beberapa ribu tahun yang lalu dan barangkali salah satu terappi tertua yang dikenal manusia. Piramid-piramid di Sakka’ra, Mesir, pernah menjadi pusat penyembuhan di dunia kuno dan dinding-dindingnya dipenuhi gambar-gambar orang yang sedang melakukan refleksologi, pijatan dan teknik-teknik yang mirip Shiat-su.
Bangsa Yunani dan Romawi dikenal atas minat mereka nyang besar terhadap perawatan tubuh. Hippocrates, sang  “Bapak Ilmu Kedokteran” telah menulis di abad ke -5 : “cara menuju sehat adalah mandi dengan air ber-aroma dan pijatan yang di beri minyak setiap hari”. Pandangan ini masih bergema dewasa ini dalam hasrat kita untuk  merawat, memandikan dan memanjakan tubuh yang menghasilkan kemajuan  dan perbaikan terus menerus dalam teknik-teknik pijatan dan sentuhan.
Eksperimentasi orang Afrika dengan menjalin rambut adalah suatau bentuk memijat dan masih populer di seluruh dunia dewasa ini. Menarik rambut adalh cara yang sangat baik untuk menyembuhkan sakit kepala.
Pijatan ala Swedia ditemukan oleh seorang pria bernama Henrick Linng pada awal abad ke -19. Ia menggabungkan pengetahuan senam dan fisio-terapinya dengan penelitian atas tekni-teknik khas China, Mesir , Yunani, dan Romawi. Prinsip dasarnya yang menggabungkan pijatan terapi dengan latihan persendian dan otot, masih dipraktekkan saat ini.
Langkah nyata berikutnya tetrjadi pada tahun 70’an ketika seorang Amerika bernama George Downing meletakkan dasar bagi pijatan terapi. Ia memikirkan keseluruhan aspek seseorang yang mencakup keadaan fisik, mental dan emosionalnya, dan menggabungkan ide-ide dari Timur, termasuk shiatsu dan refleksiologi.
Salah satu terapi alamiah yang tertua dan paling disukai, seni memijat mempunyai cakupan penerapan yang sangat luas. Hal penting yag perlu diingat adalah bahwa ia bukan pengganti bagian pengobatan konvensional. Daya tarik utama dan tempatnya yang benar terletak pada nilai terapisnya. Bahaya akan muncul bila kita, para praktisi, merasa bahwa kita benar-benar dapat mengobati seseorang tanpa latihan yang sebenarnya, padahal diperlukan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan teknik ini. Sekali kita kuasai, maka bantuan yang dapat kita berikan kepada orang lain nyaris tak terbatas.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Lembar Kerja Tugas Fisika Kisi Difraksi

Modul Drive Test Engineer

Perdedaan GSM dan HSDPA Dalam Dunia Teknologi Informasi